Wisata Bromo – Anugerah Surga dari Yang Kuasa

Siapa yang tidak mengenal keindahan Gunung Bromo? Wisata andalan Jawa Timur ini memang banyak dikunjungi, tak hanya wisatawan lokal namun juga wisatawan asing. Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang ada di Jawa Timur, tepatnya berada di perbatasan antara Kab. Malang, Kab. Lumajang, Kab Pasurun, dan Kab. Probolinggo.

Gunung dengan ketinggian mencapai 2.392 mdpl ini memang memiliki pesona keindahan yang khas yang mana menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Gunung Bromo masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger semeru. Nama gunung Bromo sendiri sebenarnya berasal dari kepercayaan Hindu yaitu Brahma yang artinya adalah Dewa menurut kepercayaan Agama Hindu.

Sehingga tak heran jika masyarakat sekitar di gunung Bromo yaitu suku Tengger merupakan keturunan dari Kerajaan Majapahit. Ketika anda bergabung dalam paket wisata Bromo, sebenarnya tidak hanya gunung Bromo saja yang dapat anda lihat, namun juga berbagai destinasi keren lainnya.

Berikut beberapa hal menarik lainnya yang bisa anda lihat dan menjadi daya tarik tersendiri di kawasan Gunung Bromo ini.

Melihat Sunrise Di Puncak Penanjakan

bromoHal yang paling menarik dari bromo adalah pemandangan sunrise nya yang begitu mempesona. Jika anda ingin melihat sunrise di kawasan Bromo, maka anda perlu melihat langsung dari spot utama di gunung Bromo yaitu Puncak Penanjakan 1.

Tempat ini memiliki spot sunrise yang begitu indah dan selalu menjadi pilihan utama bagi wisatawan yang berkunjung.  Bagaimana tidak indah, anda bisa melihat pemandangan matahari terbit dengan katar belakang hamparan pasir bromo yang membentang beserta gunung Bromo, Semeru, dan Batok.

Namun untuk mencapai tempat ini, anda harus menyewa mobil jeep karena medannya yang penuh tikungan tajam dan curam. Banyak wisatawan biasaya akan lansung ambil paket tour Bromo dimana merupakan satu paket antara sewa jeep dengan tiket masuknya.

Bukit Mentingen Lava View Bromo

Jika anda ingin melihat sunrise dari spot lainnya, mungkin anda bisa mencoba untuk melihat pemandangannya langsung dari Bukit Mentingen Bromo. Jika anda menggunakan rute Probolinggo, anda bisa mencoba untuk menginap di home stay atau villa di daerah Cemara.

Dan untuk menuju lokasi view point anda hanya perlu berjalan kaki setidaknya 15 menit saja. Meskipun bukitnya tidak terlalu setinggi penanjkana, namun pemandangannya sudah sangat cukup untuk melihat matahari terbit yang indah.

Hijaunya Padang Rumput Savana Bromo

bukit_bromoPadang sumput savanna merupakan tempat yang berada di bagian selatan timur dari Gunung Bromo. Letaknya berada pada lembah hijau dengan dikelilingi tebing-tebing yang menjulang tinggi.

Padang rumput ini sangat luas, bahkan jika anda sedang berada di tempat ini anda seakan-akan sedang tidak berada di Gunung Bromo. Pemandangan yang ada di padang rumput ini tentu saja sangat berbeda dengan lautan pasir gersang yang ada sebelum memasuki padang rumput hijau ini.

Tidak hanya menikmati pemandangan yang tidak biasa saja, anda juga bisa menjadikannya sebagai spot-spot foto yang menarik.

Bukit Teletubies Yang Unik

Liburan serasa tidak lengkap jika anda berkunjung ke kawasan Bromo tanpa mampir ke bukit Teletubies. Lokasi berada satu jalur dengan padang rumput savanna.

Bukit Teletubies ini sebenarnya merupakan gunung-gunungan yang kecil namun sangat indah karena ditumbuh dengan rerumputan yang khas pegunungan sehingga seolah-olah membuat anda serasa berada di film teletubies. Sehingga masyarakat sekitar menamai tempat tersebut dengan nama Bukit Teletubies.

Kawah Gunung Bromo

Kawah gunung bromo merupakan tempat lainnya di kawasan wisata bromo yang dapat anda lihat dan nikmati keindahannya. Kawah ini memiliki diameter hingga mencapai 800 meter, dengan bentuknya yang unik membuat banyak wisatawan yang datang berkunjung melihat keindahannya.

Jika anda berkeinginan untuk melihat kawah bromo, maka anda bisa menggunakan kuda ataupun berjalan kaki dengan menaiki tangga yang berjumlah 250 buah.     Pemandangan di puncak kawah bromo memang begitu mempesona karena dilatarbelakangi dengan pemandangan gunung batok, pegunungan tengger yang ada di samping kawah.

tangga bromo

Pasir Berbisik

Pasir berbisik merupakan lokasi wisata yang ada di lautan pasir bromo, selain penanjakan, padang savanna, dan kawan gunung bromo. Dinamakan dengan pasir berbisik karena lautan pasir ini memiliki suara desisan angin seakan akan sedang diterpa angin. 

Sehingga masyarakat sekitar menamakannya pasir berbisik. Uniknya, pasir berbisik ini hanya dapat anda nikmati di kawasan wisata gunung bromo saja.

Bromo Milky Way

Untuk bisa menyaksikan pemandangan unik ini, anda hanya bisa menemukannya di malam hari. Bromo Milky Way ini bisa and atemukan di post-spot tertentu yang memiliki pemandangan gugusan bintang yang indah di malam hari.

Tentu saja untuk mengabadikan momen-momen ini, anda perlu mempersiapkan kamera yang bagus. Mengapa bromo milky way sangat menarik untuk dicari? Hal ini karena pemandangannya yang indah dan sangat sulit anda temukan di tempat lainnya. untuk mendapatkan bromo milky terbaik, anda perlu menjauhi sorot lampu kota ataupun kondisi sekitar dalam keadaan gelap total, tanpa adanya awan mendung yang menutupi.

bromo milkyway

Bahkan membutuhkan perhitungan yang tepat untuk mendapatkan pemandangan milky way.  Fenomena bromo milky way ini baru trend pada tahun 2013-2014, semenjak seorang wisatawan asing mengupload vide tentang keindahan milky way yang ada di gunung bromo.

Sehingga banyak orang yang kemudian ikut tertarik mengejar fenomena milky way di bromo. Jika anda ingin mendapatkan pemandangan milky way yang paling sempurna di bromo, akan lebih baik jika and a datang pada saat musim kemarau, dari bulan mei hingga September.

Event dan Festival Yang Ada Di Kawasan Bromo Tengger

Tak hanya bisa menikmati keindahan alam yang ada di kawasan wisata gunung bromo saja, jika beruntung anda bisa melihat beberapa event dan festival menarik yang ada di kawasan bromo tengger. Misalnya saja seperti upacara-upacara budaya.

Seperti yang anda ketahui, kawasan gunung bromo dihuni Suku Tengger yang mana masih mempercayai adat dan budayanya yang begitu kental. Sehingga tak heran banyak sekali upacara-upacara adat yang bisa anda saksikan di kawasan ini.

Ada festival yang yang dilangsungkan tahunan, 2 tahun, hingga 6 tahunan sekali. Misalnya saja seperti Upacara Yadnya Kasada Bromo (upacara Kasada Bromo), upacara selamatan desa, upacara Pujan Kasanga, Upacara Bariā€™an, upacara Pujan Kasada, Upacara Mayu Desa, dan masih banyak lainnya.

Untuk mengikuti prosesi upacara adat, pengunjung biasanya akan mengambil beberapa hotel di Bromo seperti Bromo Permai dan Lava View dimana merupakan dua dari hotel yang sudah sangat dikenal oleh wisatawan domestik maupun internasional.

Bromo Permai biasa di harga 400-500rb an dimana memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan layanan hotel standard seperti breakfast dan air panas. Bagi wisatawan yang ingin naik ke kelas lebih tinggi, bisa juga menginap di Lava View Lodge, dimana berkisar di harga 500rb – 600rb an.

Selain upacara adat, ada banyak festival-festival menarik yang bisa anda saksikan di kawasan wisata gunung bromo. Misalnya saja festival Jazz Gunung Bromo yang merupakan pertunjukan music jazz dengan konsep alam. Sehingga memadukan music jazz dengan latar belakang indahnya gunung bromo. Festival music tahunan ini digalang oleh budayawan-budayawan kawak seperti Butet Kertarajasa dan Jaduk Ferianto.

Bagaimana? Menarik bukan berlibur di kawasan wisata Gunung Bromo? Anda tak hanya bisa melihat keindahan gunung bromo yang mempesona. Namun juga menyaksikan beberapa pesona alam dan acara-acara menarik lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Semoga informasi diatas bermanfaat.