Wisata Seru Di Kota Batu

Kota Batu menjadi salah satu destinasi wisata favorit keluarga terutama warga Jawa Timur. Selain terkenal dengan udaranya yang sejuk dan kebun apelnya, Kota Batu kini menjelma menjadi kota dengan beragam wisata mulai dari wisata wahana, wisata taman, wisata kebun, wisata kuliner dan masih banyak wisata lainnya yang menarik dan patut untuk dikunjungi. Untuk pilihan menginap di Kota Batu, kalian bisa menginap di Pohon Inn yang berada di lokasi wisata Jawa Timur Park 2 Batu atau mengungjungi website hotel murah di Kota Batu. Berikut beberapa referensi lokasi wisata yang ada di Kota Batu. 

1. Jatim Park 1

IMG_0482Merupakan wisata wahana yang memadukan antara rekreasi dan edukasi. Berkunjung ke Jawa Timur Park 1, kalian tidak hanya merasakan keseruan dari wahana saja namun juga sambil belajar. Lokasi wisata yang memiliki 56 wahana ini memiliki kolam renang raksasa berlatar belakang patung Ken Arok, Ken Dedes dan Mpu Gandring).

Rasakan sendiri keseruan beragam wahana di Jatim Park 1 seperti Flying Tornado, Sky Swinger, Volcano Coaster. Selain menguji adrenalin kalian juga bisa menguji wawasan dari Sains, Mitologi, Sejarah, miniatur Candi-Candi di Indonesia hingga Galeri Nusantara. Jatim Park 1 dilengkapi dengan fasilitas yang memadahi seperti food court, musholla, nursery room, klinik, dan toilet. Kalian juga bisa sekalian berbelanja oleh-oleh di Jatim Park 1 seperti membeli oleh-oleh karena di Jatim Park 1 juga terdapat Pasar buah-buahan, sayuran dan bunga. Harga Tiket masuk Jatim Park 1 Rp.55.000 weekday dan Rp.75.000 weekend. Jam buka 08.00 – 17.00

2. Jatim Park 2

Di Jatim Park 2 inilah lokasi dari hotel Pohon Inn yang memiliki desain unik. Berada di Desa Jatim-Park-Wahana-Wisata-Terbaru-Di-Kota-Batu-Malang1Oro-Oro Ombo Batu Jatim Park 2 terdiri dari museum satwa, secret zoo dan hotel. Wahana di Jatim Park 2 lebih mengedepankan edukasi sehingga sangat cocok bagi orang tua yang ingin mengajak si kecil untuk berlibur di sini.

Selain wahana, anda semua bisa mengajak si kecil untuk melihat berbagai hewan dan fosil binatang purba yang diawetkan di Museum Satwa, selain banyak sekali macam satwa yang diawetkan di Museum ini, desain museum yang megah dan berbentuk seperti istana kepresidenan ini sangat bagus jika dijadikan latar belakang foto. Jika sudah puas berkeliling di Museum Satwa, lanjutkan dengan berkeliling Secret Zoo yang memiliki koleksi binatang hidup yang beragam. Uniknya tiap kandang binatang di desain semirip mungkin dengan habitat asli hewan tersebut seperti Savana dan Kampung Afrika. Untuk tiket masuk memang sedikit lebih mahal dari Jatim Park 1 yakni Rp.70.000 untuk weekday dan Rp.100.000 untuk weekend.

3. Eco Green Park

Eco-Green-Park.-Foto-www.jawatimurpark.com_Eco Green Park masih satu lokasi dengan Jawa Timur Park 2. Sesuai dengan namanya, Eco Green Park berisikan semua hal yang ramah dengan lingkungan seperti patung yang terbuat dari tumpukan barang elektronik bekas menyerupai Gajah. Tidak berbeda dengan Jatim Park 2, Eco Green Park juga mengusung konsep edukasi, dari edukasi terhadap alam, hewan dan juga tumbuh-tumbuhan. Eco Green Park terbagi dalam beberapa zona seperti Zona Insectarium yang berisikan aneka macam insect, Zona Music Plaza yakni zona tentang alat-alat musik dari berbagai benda yang sudah tidak di pakai, Zona Walking Bird yakni lokasi berbagai burung yang tidak bisa terbang dan masih banyak zona lainnya yang bisa kalian kunjungi.

Keunggulan dari Eco Green Park ini adalah, semua makanan yang dijual di foodcourt tidak menggunakan MSG dan bahan pengawet lainnya, jadi semua makanan yang ada di sana dijamin kesehatannya 😀 Eco Green Park buka lebih siang yakni pukul 09.00 hingga 17.00, tiket yang dibandrol pun lebih murah yakni Rp.40.000 untuk weekday dan Rp.60.000 untuk weekend. Untuk lebih hematnya lagi, kalian  bisa membeli tiket masuk terusan Jatim Park 2 dan Eco Green Park dan dijamin lebih murah 😉

4. Batu Night Spectacular (BNS)

Batu Nig14.-Harga-Terupdate-tiket-masuk-bns-ht Spectacular atau BNS merupakan lokasi wisata yang wajib anda kunjungi jika berkunjung ke Kota Batu. Wisata wahana yang satu ini mulai beroperasi pada jam 15.00 hingga 24.00 sehingga ketika kalian masuk ke BNS, kalian akan disuguhkan dengan pamandangan city light yang sangat indah. Terlebih keunggulan dari BNS adalah taman lampionnya yang keren abis juga instagramable dan menjadi ikon dari BNS sehingga membuat BNS menjadi lokasi jujugan paling diminati bagi kawula muda yang suka berfoto cantik 😉

Tidak hanya taman lampionnya yang bernuansa romantis, tapi wahana yang ada di BNS juga gak kalah seru dengan yang ada di Jatim Park 1. Harga tiket yang dipatok juga ramah di kantong gus. Kalian bisa masuk BNS dengan hanya membayar Rp.20.000 pada weekday dan Rp.30.000 pada weekend. Tapi itu belum termasuk tiket untuk naik wahana ya. Jika kalian menginginkan tiket terusan untuk bermain wahana di BNS kalian harus membayar sebersar Rp.90.000 per orang. Jika sudah masuk musim liburan, pihak pengelola Jatim Park Group biasa mengadakan promo untuk tiket terusan ke Jatim Park 1 & 2, Eco Green Park dan BNS untuk 2 hari 1 malam.

5. Museum Angkut dan Museum d’Topeng Kingdom

museum-angkutSejak awal pembukaannya Museum Angkut menjadi destinasi favorit bagi kawula muda, terutama bagi mereka yang gemar berfoto dan aktif di media sosial. Di Museum Angkut ini kalian akan melihat berbagai koleksi moda trasnportasi dari jaman tradisional di mana kendaraan yang ada masih ditarik hewan hingga moda transportasi yang modern yakni mobil listrik. Museum ini merupakan museum yang mengusung konsep transportasi pertama di Asia Tenggara dan tentu saja seperti mengusung budaya dan edukasi.

Desain yang digunakan di Museum ini pun sangat menarik dan instagramable sehingga Museum Angkut sempat booming di media sosial instgram. Museum yang berlokasi di Jalan Terusan Agung Atas No.2 Batu ini juga berada di satu lokasi dengan Museum d’Topeng Kingdom, yakni museum yang menyimpan berbagai koleksi topeng dan juga benda-benda bersejarah dari kebudayaan Bangsa Indonesia seperti Al-Quran kuno yang sudah berusia ratusan kuno dan kursi dari kerajaan Singaraja Bali.

6. Taman Selecta

selecta-7Puas bermain wahana sekarang pindah menikmati taman yang indah penuh dengan bunga. Di Taman Selecta ini kalian bisa berpiknik seru menikmati sejuknya Kota Batu dan memandangi aneka bunga yang berwarna-warni. Jika kalian suka berfoto ria maka kalian haru memasukkan Taman Selecta kedalam rencana perjalanan anda. Di Taman Selecta ini juga tersedia beberapa fasilitas yang bisa digunakan sikecil seperti kolam renang dan arena outbond.

7. Paralayang & Rumah Pohon

omah-kayu-gunung-banyak-batu-malangSuka dengan kegiatan yang memacu adrenalin? Datanglah ke Gunung Banyak Batu, kalian bisa memompa adrenalin kalian dengan kegiatan paralayang. Merasakan kesejukan udara dari Kota Batu sekaligus melihat pemandangan Kota Batu dari ketinggian, seru bukan? Selain terkenal dengan paralayangnya, Gunung Banyak sering dijadikan tempat nongkrong oleh kawula muda pada malam hari. Hal ini karena pemandangan city light dari Gunung Banyak sangat mengagumkan.

Jika kalian berada di Gunung Banyak, maka sekalian saja mampir ke rumah pohon yang berada tidak jauh dari lokasi paralayang. Namanya Omah Kayu, disini kalian akan merasakan sesasi menginap di atas pohon dengan semua perabotan yang ada terbuat dari kayu. Tarif yang dipasang mulai dari Rp.300.000 permalamnya, jika berminat maka pesanlah jauh-jauh hari hal ini karena banyaknya peminat dan terbatasnya jumlah kamar yang disewakan. Kalian juga bisa berkunjung ke Omah Kayu hanya untuk berfoto saja, cukup membayar Rp.5.000 kalian bisa berfoto di salah satu kamar yang sudah disiapkan untuk lokasi foto bagi pengunjung.

8. Kusuma Agrowisata

Petik Apel Malang (2)Di Kusuma Agrowisata ini kalian bisa merasakan serunya memetik buah apel, jeruk, strawberry, buah naga dan masih banyak lainnya. Harga yang dipatok bervariasi tergantung hari dan paket yang kalian ambil, paketan ini biasanya tiket masuk beserta jumlah buah apa saja yang bisa kalian bawa, harga tiket mulai dari Rp.45.000. Selain memetik buat, fasilitas lain yang disediakan di Kusuma Agrowisata adalah waterpark bagi anak-anak maupun orang dewasa, outbond dan masih banyak lainnya.

9. Alun-Alun Kota Batu

alun2-batuIni dia alun-alun yang paling terkenal, alun-alun yang berada di tengah kota ini menjadi pusat rekreasi murah dan pusat kuliner. Kalian akan menemukan banyak sekali penjual makanan yang patut untuk dicicipi terutama di malam hari. Di alun-alun ini kalian akan melihat replika dari apel dan beberapa replika lain berukuran besar yang menggambarkan Kota Batu. Selain itu di tengah alun-alun terdapat bianglala raksasa yang bisa kalian naiki dengan membayar Rp.3500. Seru bukan? Jika berkunjung ke alun-alun Kota Batu jangan lupa untuk mencicipi ketan Legenda yang sudah melegenda 😀

10. Kaliwatu Rafting kaliwatu-rafting

Olahraga ekstrim lainnya yang bisa kalian coba adalah rafting atau arung jeram. Kaliwatu Rafting berlokasi di Jalan Raya Pandanrejo No.4 Bumiaji-Batu. Dengan arus yang relatif deras, jarak tempuh 7 km dengan durasi 2 jam pasti mampu menguras stamina kalian 😀 Jam operasional mulai pukul 09.00